Berita:Bupati Hadiri Munas I AKPSI di Ancol

Siaran Pers

Tana Paser – Bupati Paser dr Fahmi Fadli dijadwalkan akan menghadiri Musyawarah Nasional I Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI) di Ancol Jakarta, selama 2 hari, Sabtu dan Ahad ini. Bupati Fahmi hadir didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, dan Sekretaris Dinas PMD Abdul Rasyid.

Munas ini akan dirangkai dengan pelantikan AKPSI dengan anggota 160 kabupaten penghasil sawit dari 21 provinsi. Dari run-down (runtutan) kegiatan yang disampaikan oleh panitia, Presiden Joko Widodo dan beberapa menteri akan hadir memberikan sambutan dan pengarahan. Jokowi akan berbicara tentang kebijakan pemerintah dalam tata kelola sawit Indonesia.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Abdul Kadir mengkonfirmasi, saat ini Bupati sudah ada di Jakarta dan akan menghadiri kegiatan ini. “Saat ini beliau di Jakarta karena hanya sehari di Denpasar dalam rangka pembukaan Studi Tiru para Kepala Desa di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar,” kata Kadir.

“Beliau juga dijadwalkan akan hadir di seluruh rangkaian kegiatan yang akan berlangsung hingga Ahad sore. Jika melihat run-down, maka hari ini (Sabtu) diisi dengan pengarahan Presiden dan beberapa Menteri, nanti malam ada pengukuhan pengurus AKPSI, lalu pada hari terakhir ada rapat pleno yang juga dihadiri para menteri,” jelas Kadir.

Sementara itu, sejumlah Kepala Desa menilai kehadiran Bupati Fahmi sebagai representasi dari harapan para petani sawit di Kabupaten Paser, terutama untuk stabisilsasi harga. Saat ini harga sawit di Paser di bawah seribu rupiah dan ini merugikan petani.

“Harga jual saat ini tidak bisa menutupi pengeluaran ril oleh petani seperti pupuk, biaya panen, dan angkutan,” kata salah satu Kepala Desa saat ditemui, Jumat (15/7).

Untuk informasi, Munas ini adalah pertemuan AKPSI yang kedua di bulan ini. Pada awal Juli lalu ada pertemuan pertama yaitu Rapat Koordinasi AKPSI di Puri Agung Grand Sahid Jakarta yang saat itu dihadiri oleh Asisten Adi Maulana mewakili Bupati Paser. (humas)

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 4.9884 detik dengan memori 0.81MB.