Berita:Jalan Panjang Bupati Fahmi Terangi Seluruh Desa di Kecamatan Tanjung Harapan

Siaran Pers

TANA PASER - Setelah sekian lama menanti untuk menikmati aliran listrik selama 24 jam, Warga dari 3 desa di Kecamatan Tanjung Harapan akhirnya kini dapat merasakan daerahnya teraliri listrik dari PLN.


Bupati Kabupaten Paser dr. Fahmi Fadli didampingi sejumlah perangkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN), mengunjungi sejumlah desa pada Minggu (22/09/24) melakukan seremonial peresmian desa yang teraliri listrik.

" Terimakasih kepada PLN atas pembangunan listrik desa PL Desa Keladen, Desa Random, dan Desa Senipah Alhamdulillah saat ini sudah menyala 24 jam. Tentunya pengadaan listrik ini di 3 desa ini tidaklah mudah, jika tidak ada kerjasama dan kolaborasi antara Pemerintah Daerah dengan PLN serta camat dan kepala desa, rasanya rumit untuk diwujudkan", kata Bupati Fahmi dalam sambutannya.


Hal itu disebabkan, Satu Tahun yang lalu Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Paser sempat berkunjung ke PLN UID Kaltimtara, untuk menyampaikan bahwa masih ada beberapa desa di Paser yang belum teraliri listrik, dan ternyata PLN sudah memiliki road map pemasangan listrik di Kabupaten Paser, namun PLN meminta agar pemerintah daerah menyiapkan infrastruktur agar memudahkan mobilisasi materialnya. 


" Setelah mendapatkan informasi itu, kami turun langsung ke desa-desa yang belum teraliri listrik tersebut, dan teryata kondisi jalannya memang sangat parah. Namun permasalahan tidak disitu saja, ternyata jalan menuju desa-desa tersebut masuk kawasan Cagar Alam (CA)",ungkapnya.


Mengatasi masalah tersebut, Pemkab telah mengurusnya ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kaltim, kemudian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Dan akhirnya melalui pola kerjasama dengan menggunakan Memorandum Of Understanding (MOU), akhirnya kawasan CA tersebut disetujui untuk dibangun jalan dan tiang listrik.

 " Dari penandatanganan MOU tersebut, akhirnya kawasan CA yang akan dibangun jalan dan tiang listrik disetujui BKSDA. Ini sebenarnya perjuangan berat, namun berkat kolaborasi dan dukungan kita bersama ini semua bisa terwujud, Dan akhirnya pada tahun ini warga sudah dapat merasakan listrik 24 jam",tutupnya. ( Prokopim).

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 4.0107 detik dengan memori 5.25MB.