Berita Kaltim

Sosialisasi SP4N Lapor & PPID, Sekda: Berkaca Pengalaman Pemkab Mendapat Gugatan

Sosialisasi SP4N Lapor & PPID, Sekda: Berkaca Pengalaman Pemkab Mendapat Gugatan
Sosialisasi SP4N Lapor & PPID, Sekda: Berkaca Pengalaman Pemkab Mendapat Gugatan


TANA PASER- Informasi merupakan kebutuhan mendasar setiap orang sebagai pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi kehidupan manusia yang merupakan hak asasi manusia karena keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Hal ini dikatakan Sekda Paser Katsul Wijaya saat membacakan sambutan tertulis Bupati Paser saat membuka Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor dan Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Pemkab Paser, Selasa (8/3/2022).

Karena itu menurut Sekda, dengan  adanya standar layanan informasi publik seperti PPID, SP4N dan LAPOR, diharapkan implementasi undang-undang keterbukaan informasi publik dapat berjalan efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas secara nyata dapat terpenuhi.

“Berkaca pada pengalaman beberapa tahun yang lalu, yakni Pemerintah Kabupaten Paser mendapat gugatan dari salah satu lembaga masyarakat yang ada di Kalimantan Timur karena dianggap tidak memberikan jawaban ataupun tidak memenuhi kebutuhan informasi yang diperlukan sehingga menjadi sebuah sengketa informasi,” kata Katsul. 

Namun semua proses mediasi telah dilakukan atas bantuan dan peran Komisi Informasi sehingga sengketa tersebut dapat terselesaikan dengan baik.

“Untuk itu, kami menyambut baik terlaksananya kegiatan ini sebagai upaya dan wujud komitmen kita bersama untuk penguatan layanan informasi publik Pemerintah Kabupaten Paser sehingga tidak terjadi lagi hal serupa. Apalagi pada kesempatan ini selaku narasumber adalah pihak Komisi Informasi Publik Kaltim dan dari Kementerian PAN RB, tentu akan banyak pengetahuan dan wawasan yang akan kita peroleh,”tandasnya.

Dalam melaksanakan pelayanan informasi lanjut Sekda Katsul, diperlukan prinsip transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, keseimbangan hak dan kewajiban. Dengan berjalannya prinsip ini keterbukaan informasi kepada masyarakat akan menjadi lebih aktif dan turut serta dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan. 

“inilah yang menjadi dasar bahwa PPID, SP4N dan LAPOR harus memiliki standar layanan sehingga mampu menyediakan dan memberikan informasi yang diminta oleh masyarakat baik bersifat terbuka maupun tertutup,” sambut Katsul. (humas)

Berita Lainnya

11 Desa Belum Nikmati Listrik, Bupati Fahmi Terus Carikan Solusi

11 Desa Belum Nikmati Listrik, Bupati Fahmi Terus Carikan Solusi

JAKARTA- Bupati Paser dr Fahmi Fadli terus melakukan upaya-upaya konkrit demi memenuhi kebutuhan listrik di wilayahnya. Selain mengundang investor untuk berinvestasi kelistrikan, Bupati juga kerap berkoordinasi dengan PT PLN sebagai penanggung jawab...
Baca ....
Bupati : Semoga Melalui Turnamen Ini Didapat Atlit - Atlit Yang Berbakat

Bupati : Semoga Melalui Turnamen Ini Didapat Atlit - Atlit Yang Berbakat

Tana Paser -  "Semoga melalui turnamen ini nantinya didapatkan atlit-atlit yang berbakat dan atlit-atlit yang berpotensi untuk ke depan menghadapi event-event lainnya misalnya seperti PORDA dan PORPROV khususnya di Tahun 2024" ungkap Bupati Paser dr....
Baca ....
Paser Meraih Piala Kabupaten Layak Anak ke 7 Kalinya

Paser Meraih Piala Kabupaten Layak Anak ke 7 Kalinya

Tana Paser – Kabupaten Paser di Tahun 2023 ini berhasil meraih piala Kabupaten Layak Anak untuk ke 7 kalinya yang diserahkan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Keberhasilan ini disampaikan oleh Kepala...
Baca ....
Asisten Pemkes Buka Sosialisasi Petunjuk Teknis dan SOP PBK dan Non PBK

Asisten Pemkes Buka Sosialisasi Petunjuk Teknis dan SOP PBK dan Non PBK

TANA PASER - Mewakili Bupati Paser Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ir. Romif Erwinadi, M.Si, membuka Sosialisasi Petunjuk Teknis dan Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) dan Non Pelatihan Ber...
Baca ....