Berita:Apa itu Analisis Berita, Humas Unmul Tertarik

Siaran Pers


TANA PASER- Memegang peranan penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat atau corong pemerintah, peran Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekda Paser atau yang lebih populer disebut Humas,  dituntut lebih pro aktif dan kreatif, terlebih di era digital ini. 

Pesatnya perkembangan informasi di era digital ini menjadikan peran humas menjadi tidaklah mudah dan termasuk tugas analisis berita.

 Kepada teman-teman Humas Universitas Mulawarman, mewakili Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Abdul Kadir, baik kasubag Dokumentasi Pimpina Ika Marselia maupun Kasubag Komunikasi Pimpinan Dina Fitriani  dan staf Kusubag Komunikasi Pimpinan Hairuni mengatakan, analisis yang kami buat tidak sekedar menjadi lembar kearah positif. Tetapi setiap  isu-isu yang akan berkembang, langsung ditindak lanjuti   dengan mengumpulkan infomasi atau data-data untuk mendukung isu tersebut, sehingga begitu ada pemberitaan, hasil analisis dapat  mempengaruhi opini masyarakat. 

“Jika ada isu, langsung kami tindak lanjuti. Begitupun jika ada pemberitaan, karena ada media yang membuat berita hanya mendengarkan informasi dan tidak didukung data dan begitupun cuitan masyarakat melalui media FB maupun WA,”katanya.

Menurutnya, analisis suatu berita atau  media monitoring merupakan hal yang wajib dilakukan Humas Paser. Hal ini dikarenakan media monitoring merupakan tahapan evaluasi daripada media dengan tujuan menjadikan Pemkab Paser  atau  kepala daerah  sebagai sosok yang utama,” tandasnya.

Humas  lanjutnya salah satu fungsi tugas dari pemerintah  sebagai penyebarluasan  informasi, mengomunikasikan kebijakan, rencana kerja, dan capaian kinerja kepada masyarakat luas, melalui media cetak, media eletronik maupun media sosial.

“Di kita (humas Paser,Red) telah disediakan banyak cara untuk menampung partisipasi masyarakat baik dalam bentuk keluhan, informasi, maupun saran pada proses pembangunan kota yang dilaksanakan yaitu via website,  facebook  dan IG,” sebutnya.

 Kesimpulannya, dalam membaca dan memberikan informasi masukan kepada Bupati maupun Wabup terkait perkembangan Pemberitaan di Media Cetak maupun media sosial, Tim Kreatif Prokopim  melakukan kajian Analisis Media terhadap berbagai Media maupun media sosial. (humas) 

Bagikan ke :

Banner

shadow

Berita Terkait

Dimuat dalam 3.2909 detik dengan memori 0.82MB.