Bupati Berharap Kualitas LPPD Meningkat Secara Signifikan
Administrator
Senin, 15 Desember 2025 20:29:04
 84 kali
Bupati Berharap Kualitas LPPD Meningkat Secara Signifikan
BALIKPAPAN – Pemerintah Kabupaten Paser melalui Inspektorat menggelar kegiatan Penguatan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam rangka reviu penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Paser Tahun 2025. Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli, di Swiss-Belhotel Balikpapan pada Senin (15/12/2025).
dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah (EKPKD) Kementerian Dalam Negeri, Parlin Jumantik Siahaan. Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya, Pelaksana Tugas Asisten Administrasi dan Umum Nur Asni, Inspektur Inspektorat Kabupaten Paser Dharni Hariati, serta para peserta kegiatan.
Kegiatan ini merupakan langkah strategis Pemerintah Kabupaten Paser untuk meningkatkan kualitas pelaporan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Tujuannya agar LPPD yang dihasilkan lebih akuntabel, transparan, dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Dalam sambutannya, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menegaskan bahwa LPPD adalah bentuk pertanggungjawaban pemerintah daerah sekaligus instrumen vital dalam upaya peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik.
“Dokumen LPPD Tahun 2025 ini sangat penting karena akan menjadi salah satu dasar dalam penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah untuk Tahun 2027,” kata Bupati Fahmi.
Melalui kegiatan bimbingan dan pendampingan ini, Bupati Fahmi berharap kualitas LPPD Kabupaten Paser dapat terus meningkat secara signifikan. Peningkatan yang ditekankan meliputi penyajian data, kelengkapan informasi, analisis capaian kinerja, ketepatan waktu penyusunan, serta kesesuaian antara aspek perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pelaporan.
Bupati juga menekankan pentingnya pemahaman mendalam terhadap indikator kinerja kunci oleh seluruh unsur perangkat daerah, mulai dari Kepala Perangkat Daerah hingga Perencana. Ia mengingatkan bahwa perangkat daerah adalah sumber utama data dan informasi capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang mencakup kinerja makro, urusan pemerintahan, dan aspek kinerja daerah lainnya.
“Saya minta seluruh Kepala Perangkat Daerah agar memberikan data dan informasi capaian kinerja secara lengkap kepada tim penyusun LPPD, untuk kemudian dikonsultasikan langsung dengan narasumber serta mendapatkan review dan evaluasi dari Inspektorat Kabupaten Paser,” tegasnya.
Dengan adanya penguatan peran APIP (Inspektorat) dalam proses review ini, Pemerintah Kabupaten Paser optimistis bahwa kualitas LPPD ke depan akan semakin baik dan mampu mencerminkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah secara komprehensif dan akurat.(Prokopim)
Tana
Paser – Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf pimpin upacara peringatan
bulan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) nasional tahun 2022 yang digelar di
halaman kantor Bupati Paser Kamis (10/2).Dalam
sambutan Menteri Tenaga Kerja yang d...
Tana Paser - Selama dua tahun dilanda pandemi, membuat seluruh komponen bangsa harus membatasi aktifitas dan berbagai kegiatan masyarakat termasuk di Kabupaten Paser.Namun setelah pandemi dianggap sudah bisa dikendalikan, kegiatan dan aktifitas masya...
BALIKPAPAN - Bank Indonesia Balikpapan secara konsisten melakukan inovasi dan kolaborasi dengan berbagai kepentingan di Daerah IkN maupun mitra strategisnya yaitu Balikpapan, Paser dan PPU, dalam rangka pengendalian inflasi, pemberdayaan UMKM, distr...
TANA PASER – Pemerintah Kabupaten Paser bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) akan membuka sebanyak 20 orang dengan kuota khusus menimba ilmu di STAN. Rencananya, formasi ini, akan dibuka tiap tahun. Hal tersebut disampaikan oleh...